Web blog resmi Perpustakaan SMA Negeri 2 Temanggung

Sukses Bersama Dengan Membaca

Rabu, 04 Januari 2023

Ensiklopedia Tarian Nusantara

Indonesia dengan beragam suku dan bangsa tentu memiliki seni dan kebudayaan yang beraneka ragam pula. Setian seni budaya akan mempresentasikan daerahnya masing-masing. Salah satunya seni tari. Selain bertujuan untuk menampilkan keindahan melalui perpaduan gerak, musik dan kostum yang dikenakan penari, setiap tarian tradisional biasanya juga mengandung makna filososfi tertentu. Di samping itu latar belakang sejarah dan kisah-kisah dibalik terciptanya sebuah tarian juga sangat menarik untuk diteliti.

Buku ini memuat ulasan tentang beragam tarian tradisional dari bermacam provinsi. Mulai dari provinsi Nangroe Aceh Darussalam hingga Papua. Setiap jenis tarian akan dibahas secara detail mengenai sejarah, makna filosofi hingga formasi penari dan cara menarikannya. Dilengkapi pula dengan gambar-gambar  terkait.

Dengan aadanya buku ini diharapkan agar seluruh anak bangsa dapat lebih mengenal  budaya bangsanya sendiri, dalam hal ini adalah tarian tradisional nusantara. Tarian tradisional adalah warisan busaya yang begitu agung. Oleh karena itu keberadaanya harus senantiasa kita lestarikan agar tidak punah tergeser oleh kebudayaan modern yang semkain mendesak seingin dengan perkembangan zaman.









Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar dengan baik dan membangun

Total Tayangan Halaman

Tulisan-Tulisan

Pencarian

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia
Perpustakaan SMA Negeri 2 Temanggung selalu memberikan pelayanan yang memuaskan demi kelancaran pendidikan di SMAN 2 Temanggung