Web blog resmi Perpustakaan SMA Negeri 2 Temanggung

Sukses Bersama Dengan Membaca

Kamis, 30 Maret 2023

Buku Tentang Pramuka (Mengenal Gerakan Pramuka, Penggalang Rakit, Penggalang Ramu dan Penggalang Terap)


Mengenal Gerakan Pramuka 

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti  " Rakyat Muda yang Suka Berkarya". Gerakan Pramuka di Indonesia telah dimulai sejak lama sekali, yakni sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung da didirikan  Jong Indonesische Padvinderij Organisatie ( JIPO) di Jakarta. 

Jika kamu tertarik untuk tahu lebih banyak mengenai Gerakan Pramuka, buku ini adalah bacaan terbaik untukmu. Di dalam buku ini, kamu bisa mengetahui sejarah Pramuka, pendiri, struktur organisasinya, kegiatan apa saja yang dilakukan, seragamnya, dan lain-lain. Pengetahuan mengenai kecakapan umum yang diketahui oleh pramuka juga dipaparkan secara lengkap dan jelas di buku ini, antara lain tentang semaphore, morse, tali-temali, kompas dan mata angin, cara membaca peta, lagu-lagu dan sebagainya


Penggalang Rakit, Penggalang Ramu, dan Penggalang Terap

Penggalang adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 11-15 tahun. Pada usia ini anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, semangat yang kuat, sangat aktif, dan suka berkelompok. Dunia penggalang sudah lebih luas dan melebar daripada dunia Siaga yang masih tertutup (formasi lingkaran). Formasi barisan pada upacara pembukaan dan penutupan latihan  Penggalang adalah angkare (setengah lingkaran atau tapal kuda), sebuah lingkaran  yang sudah mulai terbuka. 

SKU Penggalang adalah syarat kecakapan yang wajib dimiliki oleh anggota Pramuka Penggalang untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum yang merupakan alat pendidikan sebagai perangsang dan pendorong untuk memperoleh kecakapan ysng berguna bagi kehidupannya. 

Di dalam buku ini terdapat 30 syarat yang harus diselesaikan oleh anggota Pramuka Penggalang, yang berisi aktivitas-aktivitas yang sesuai untuk pembelajaran usia mereka. Mulai dari pembelajaran mengenai agama dan peribadatan, pengetahuan tentang Pancasila dan kebangsaan, pengetahuan sandi-sandi, tali-temali, baris-berbaris, dan dilengkapi permainan kelompok, olahraga ringan, bernyayi, dan berbagai aktivitas kepramukaan lainnya. 




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar dengan baik dan membangun

Total Tayangan Halaman

Tulisan-Tulisan

Pencarian

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia
Perpustakaan SMA Negeri 2 Temanggung selalu memberikan pelayanan yang memuaskan demi kelancaran pendidikan di SMAN 2 Temanggung